daan-stevens-57Zvh2FZMRk-unsplash

Cara Menanam Hingga Memanen Peterseli

Parsley atau Peterseli yang memiliki nama latin Petroselinum cripsum, merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai daun penghias makanan atau isian kroket. Peterseli disukai karena baunya harum, terlebih saat dipanggang. Salah satu kategori tumbuhan herbal ini ternyata dapat ditanam menggunakan metode hidroponik, simak artikelnya berikut ini :

Pemilihan media tanam

Media tanam merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki dan dipenuhi sebelum bercocok tanam dengan cara hidroponik. Media tanam yang bisa dipilih untuk menanam peterseli ; arang sekam, spons, rockwool, serabut kelapa, pasir, serbuk kayu dan lain sebagainya. Rockwool merupakan media tanam yang paling sering dijumpai dalam menanam sawi. Rockwool dapat diperoleh di Farmee.id

Pembenihan hingga penyemaian

Benih adalah prioritas pertama dan utama dalam proses penanaman. Baik tidaknya benih menjadi faktor utama yang menentukan sukses tidaknya penanaman. Untuk mendapatkan benih yang berkualitas. Pastikan kemasan benih terbuat dari aluminium dan kemasan segel, pastikan benih yang akan ditanam tidak berumur lebih dari 70 hari dan disimpan kurang dari 3 tahun. Benih dengan kriteria seperti ini tersedia di Farmee.id. 

Jika benih telah disiapkan, selanjutnya dilakukan penyemaian, Langkah-langkah penyemaian telah diulas pada artikel berikut.  Jangka waktu penyemaian kurang lebih 2 minggu, hingga benih caisim sudah siap untuk ditanam.

Penanaman

Setelah benih parsley tumbuh dan memiliki sekitar 4 lembar daun sejati, tanaman siap dipindahkan ke media instalasi, anda dapat menggunakan sistem sumbu wick maupun NFT. Peralatan untuk kedua sistem hidroponik disediakan oleh Farmee.id. 

Kadar ppm yang cocok untuk tanaman hidroponik berada di kisaran 900 ppm dengan Ph 6.9. Parsley ini akan lebih optimal jika ditanam di dataran tinggi diatas 600 mdpl. Kepekatan nutrisi harus dijaga agar selalu stabil hingga tanaman memasuki masa panen.

Perawatan

Dalam kurun 2 hari sekali sebaiknya air nutrisi yang ada di ember diganti. Cara penggantian air nutrisi dapat dilihat pada artikel berikut.  Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi dari parsley ini selalu tercukupi. Saat akar parsley telah keluar dari lubang pot plastik dan tumbuh semakin besar, tambahkan beberapa batu yang digunakan sebagai penyangga tanaman, agar pertumbuhan tanaman peterseli tegak lurus.

Pemanenan

Waktu yang dibutuhkan masing-masing tanaman peterseli  untuk panen pertama memang tidak seragam, karena bergantung dari kualitas masing-masing benih awal, lingkungan maupun kondisi di sekitar masing-masing benih pada saat bertunas dan tumbuh, serta perawatan pada masing-masing tanaman Parsley tersebut. Biasanya parsley ini dapat dipanen dalam rentang waktu dua hingga tiga bulan.

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *