kendala hidroponik-min

Kendala Hidroponik: Alasan Kenapa Pertanian Tidak Mudah Terdisrupsi

Berbagai kendala hidroponik menjadi alasan kenapa pertanian tidak mudah terdisrupsi dalam waktu singkat. Setidaknya hal tersebut sering kami dengar dari customer, meskipun “mudahnya”  solusi bertani dengan seperangkat nutrisi di dalam air ini. Di sisi lain, kita tetap perlu memperhatikan ‘syarat dan kondisi’ bercocok tanam hidroponik. Dalam kasus ini seperti dari sisi ekonomis, fisiologis tanaman maupun pemanfaatannya secara sosial.

Sebelumnya pernyataan Gericke saat menerbitkan karya pertama kali pun rasanya masih relevan dengan hidroponik saat ini, bahwa hidroponik masih butuh banyak pengembangan, setidaknya di Indonesia. Poin penting Gericke yang perlu kita garis bawahi adalah jangan mudah percaya pada fakta yang dilebih-lebihkan tentang hidroponik.

Kendala Menerapkan Hidroponik

Banyak orang yang tertarik menerapkan hidroponik disesatkan dengan minimnya pencarian informasi. Sehingga tidak dibekali pengetahuan yang cukup tentang batasan dan tantangan yang akan dihadapi dalam menerapkan hidroponik. Sehingga, proyek hidroponik mereka dalam sekejap gagal.

Masalah Utama Hidroponik

Pertanian dengan sedikit tanah seperti hidroponik bukan berarti sedikit tantangan. Kita bisa membaginya ke dalam tiga masalah utama, antara lain cahaya, air dan nutrisi.

Paparan cahaya sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Beberapa industri pertanian dengan teknologi mutakhir sudah bisa menghasilkan produknya di ruang tertutup dengan rekayasa cahaya Ultra Violet (UV). Namun, tentu saja alatnya mahal untuk pemula hidroponik. Maka dari itu, untuk mengatasi isu ruang dan modal, sangat penting menentukan lokasi kebun agar mendapat sinar matahari yang melimpah.

Pengendalian tingkat keasaman air dan kepekatan nutrisi juga faktor penting pertumbuhan tanaman yang optimal. Dengan kata lain, konsekuensi bertani hidroponik adalah menjaga pertumbuhan tanaman agar selalu terukur, seminimalnya dengan pemecahan pada tiga masalah di atas. 

Solusi Cara Berkebun Hidroponik

Merefleksikan pada tujuan dan kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu, maka apabila kita gagal pada percobaan hidroponik yang pertama atau kedua, mungkin masalah utamanya belum terpecahkan. Di era teknologi seperti sekarang, informasi tentang cara berkebun hidroponik melimpah.

Seperti contoh di web Farmee.id ini, kamu bisa menemukan cara penyemaian benih maupun bagaimana menggunakan TDS Meter. Namun pastikan kita mempelajari pada bagian paling dasar, dan jangan pernah berhenti mencoba serta berinovasi. Apabila kamu ingin berdiskusi maupun pendampingan tentang hidroponik, kami siap membantu.

Farmee.id menyediakan paket instalasi hidroponik dan peralatan pendukung hidroponik lainnya. Ditambah lagi terdapat sesi pendampingan sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun ? Hubungi kami disini. 

Comments are closed.