dose-juice-atUjuLuFEcc-unsplash

5 Tanaman Paling Cepat Panen – Seri Sayur

Pada artikel sebelumnya, telah diulas lima tanaman paling cepat panen seri tanaman buah . Pada artikel kali ini akan dibahas seri tanaman sayur. Seperti yang diketahui bahwa lebih banyak variasi sayur yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Namun, beberapa sayur membutuhkan waktu hingga proses panen yang cukup lama. Bagi pemula masa panen adalah masa yang paling membahagiakan, apalagi bisa mengkonsumsi hasil panen sendiri. Berikut lima sayur yang memiliki masa tanam hingga panen paling cepat.

Pakcoy

Sayuran ini sangat cocok untuk dijadikan masakan tumisan. Sekitar 20 hari setelah ditanam, sayuran yang satu ini sudah bisa dipanen. Untuk PPM maksimal yang dikehendaki oleh tanaman pakcoy hidroponik tumbuh adalah sebesar 1.050 – 1.400 PPM dengan Angka toleransi kadar PPM yaitu ±50. Ukuran pH pada budidaya pakcoy hidroponik akan mempengaruhi hasil panen pakcoy hidroponik, maka degan demikian pH juga perlu diperhatikan. Usahakan ukuran pH pakcoy adalah 7. Tips dan trik menanam pakcoy dapat anda lihat pada artikel ini. 

Kangkung      

Sayuran ini bisa tumbuh di media tanah maupun air bahkan di semua musim. Sehingga kangkung sangat cocok ditanam dengan sistem hidroponik. Pertumbuhannya juga relatif cepat. Waktu tercepat untuk panen adalah sejak umur 25-30 hari. Selanjutnya, bertahap setiap 5 hari. Kualitas tanaman kangkong hidroponik bahkan lebih baik dibandingkan kangkong konvensional. Nilai PPM untuk tanaman kangkung sendiri berkisar di angka 1050 – 1400. Sedangkan pH ideal nya adalah 5.5-6.5. 

Seledri

Seledri cocok hidup dalam media air. Sama seperti kangkung, sayuran ini sangat cocok ditanam dengan sistem hidroponik.  Menanam saledri bisa dengan sistem hidroponik rakit apung. Usahakan ukuran pH seledri adalah 6,5. Apabila nilai pH ketinggian atau kerendahan, dapat menggunakan pH up/down sebagai solusi. Sedangkan nilai ppm untuk tanaman seledri berada di kisaran 1260-1680. Beberapa jenis seledri bahkan sudah bisa dipanen dalam waktu 4-6 minggu. Pemanenan bisa diulang setiap 5-6 hari sekali. Dengan cara mencabut seledri dari wadah yang digunakan. Kemudian pisahkan anak-an seledri untuk ditanam kembali. Sebelemunya Farmee.id telah membahas bagaimana cara menyemai hingga akhirnya menanam seledri pada artikel berikut. 

Selada

Selada adalah salah satu sayuran yang paling banyak ditanam dengan hidroponik. Sayuran satu ini memang membutuhkan asupan air yang memadai sehingga cocok dengan hidroponik. Usia panen sayur renyah satu ini hanya sekitar 40 hari bahkan bisa lebih cepat. Dengan sistem hidroponik, hampir semua jenis selada akan tumbuh. Namun, ada beberapa jenis selada yang membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk panen. Saat memanen pastikan hanya memetik daun terluar saja, biarkan daun yang berada di bagian dalam tetap tumbuh. Sehingga, dapat di panen berikutnya. Selain itu, harga jual selada cukup tinggi, antara 1000-2500 per ikat yang berisi 1-2 buah tanaman selada. Proses penyemaian hingga panen selada dapat dibaca pada artikel ini. 

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tepat untuk ditanam secara hidroponik. Tanaman bayam tumbuh dengan cepat bahkan sudah dapat dipanen di rentang usia 25 – 30 hari saja. Kadar pH yang pas untuk sayuran ini berada di kisaran 6.0-7.0. Sedangkan nilai PPM berkisar di angka 1260 – 1610.

Tidak semua benih dari jenis sayuran yang sama dapat dipanen di waktu yang sama. Agar dapat panen dengan cepat dan hasil optimal, maka bibit yang dipilih harus unggul Farmee.id menyediakan beragam bibit sayuran yang unggul untuk hidroponik anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *