tanam dan panen seledri hidroponik

TANAM DAN PANEN SELEDRI HIDROPONIK

Sumber : panenkuy.com

Seledri merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk pelengkap rasa masakan. Selain pelengkap masakan, seledri juga kerap dikonsumsi sebagai jus karena terdapat berbagai manfaat bagi tubuh apabila mengkonsumsi Seledri. Bagi teman berkebun yang tidak memiliki lahan luas, jangan khawatir karena kamu masih bisa tanam dan panen seledri hidroponik. Yuk simak artikel berikut ini

Proses Semai Seledri Hidroponik

  1. Siapkan alat dan bahan, seperti Rockwool, benih seledri, gergaji besi/cutter, dan instalasi/media hidroponik
  2. Rockwool sebagai media tanam seledri terlebih dahulu dipotong dengan ukuran 2 x 2 x 2 cm dan kedalaman 1 cm masih cukup.
  3. Masukkan benih seledri ke rockwool yang sudah dilubangi, 1 kotak 1 lubang  (1 lubang dapat diisi 2-3 benih)
  4. Setelah benih masuk ke media tanam, basahi dengan air, kemudian tutup dan simpan ditempat yang teduh.
  5. Selalu rutin untuk cek kelembapan rockwool. Siram setidaknya 2 kali sehari. Tetapi tetap perhatikan media tanam jangan sampai basah karena yang dibutuhkan pada proses penyemaian adalah lembab dan bukan basah.
  6. Kemudian dalam waktu 2 – 3 hari, benih seledri akan berkecambah. Pada kondisi ini, segera perkenalkan tanaman dengan sinar matahari namun bukan matahari yang terik.
  7. Tetap jaga kelembapan media tanam

Proses Pindah Tanam Seledri hidroponik

Pindah tanam benih seledri dapat dilakukan setelah muncul daun sejati (3 atau 4 daun). Ketika hal itu terjadi, artinya perakaran tanaman sudah cukup kokoh untuk dipindah tanamkan. Benih seledri dipindah bersamaan dengan media tanam rockwool yang sudah dipisah-pisahkan ke dalam netpot. Setelah itu, netpot yang sudah berisi tanaman pakcoy dimasukkan ke dalam lubang instalasi / media hidroponik lainnya.

Pemberian nutrisi dan pH Seledri hidroponik

Setelah benih seledri dipindah tanamkan ke media instalasi, tahap selanjutnya adalah tahap peremajaan. Pada tahap ini, pemberian nutrisi seta proses menaikkan kepekatan nutrisi secara bertahap perlu diperhatikan.

Pada saat pindah tanam, kepekatan nutrisi yang dapat diberikan adalah 800 ppm. Kemudian secara bertahap dinaikkan sampai umur 2 bulan menjadi 1680 ppm. Menaikkan kepekatan nutrisi dapat dilakukan setiap umur tanaman bertambah 1 minggu sebanyak 100 ppm. Baca https://farmee.id/tabel-ph-dan-ppm-tanaman-hidroponik/

Ukuran pH pada budidaya seledri hidroponik akan mempengaruhi hasil panen seledri hidroponik, maka degan demikian pH juga perlu diperhatikan. Usahakan ukuran pH seledri adalah 6,5. Apabila nilai pH ketinggian atau kerendahan, dapat menggunakan pH up/down sebagai solusi. Gunakan pH meter untuk mengukur pH pada air hidroponik dan TDS meter untuk mengukur kadar nutrisi hidroponik. Segala kebutuhan berhidroponik tersedia di Farmee. Baca https://farmee.id/panduan-pemakaian-tds-meter/

Permasalahan yang sering muncul pada bak maupun instalasi hidroponik yakni terdapat lumut juga air yang kotor. Untuk mengatasinya, teman berkebun dapat membaca https://farmee.id/cara-membersihkan-instalasi-hidroponik/

Panen Seledri dan Perbanyakan Seledri

Masa panen tanaman seledri hidroponik dapat berlangsung selama 2-3 bulan setelah masa tanam. Proses pemanenan seledri hidroponik juga sangat mudah, teman berkebun hanya perlu mencabut tanaman dari netpot kemudian mencuci bersih netpot serta instalasi hidroponik untuk dapat digunakan pada budidaya tanaman selanjutnya.

Namaun, menariknya teman berkebun masih dapat membudidayakan tanaman seledri yang telah dipanen tanpa harus menyemai kembali. Caranya bagaimana?

  • Pertama, keluarkan seledri dari netpot.
  • Pisahkan tunas-tunas seledri dengan akarnya.
  • Jepitkan tunas tersebut pada rockwool.
  • Masukkan rockwool pada sistem hidroponik.
  • Langkah berikutnya teman berkebun hanya perlu merawat peremajaan sampai panen seledri hidroponik kembali.

Benih Unggul Seledri Farmee

Seledri merupakan tanaman yang menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Tanaman seledri memiliki aroma segar yang khas dan rendah kalori. Manfaat daun sampai batang seledri bagi tubuh yakni membantu diet rendah kalori, menambah pasokan vitamin dan mineral, mencegah kerusakan sel, mencegah dehidrasi, mengurangi peradangan, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi serta menetralkan asam.

Farmee menyediakan benih unggul yang dapat teman berkebun pesan untuk memulai menanam pseledri. Benih unggul seledri Farmee merupakan benih terpercaya dan sudah terbukti menghasilkan tanaman yang segar dan renyah. Pemesanan benih dapat dilakukan dengan kontak kami sekarang melalui nomor di website atau DM di instagram. Tidak hanya benih, Farmee juga menyediakan paket instalasi hidroponik yang bisa langsung dipakai untuk menanam! Dan tentunya kami akan dampingi sampai berhasil panen. So, tunggu apalagi ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *