sophie-mikat-neOa-oYzTbY-unsplash

Antara Tiongkok Dan Pakcoy

Tiongkok, atau nama lengkapnya Republik Rakyat Tiongkok atau Republik Rakyat Cina adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribu kota di Beijing Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dengan luas daratan 9,59 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ketiga terbesar di dunia. Republik Rakyat Tiongkok memiliki ekonomi paling besar dan paling kompleks di dunia selama lebih dari dua ribu tahun dan belasan dinasti Kekaisaran Tiongkok, beserta dengan beberapa masa kejayaan dan kejatuhan

Sebuah fakta baru bahwa ternyata pakcoy (Brassica rapa L.) atau lebih dikenal dengan sebutan sawi sendok merupakan tanaman yang berasal dari Benua Asia yaitu Tiongkok dan Asia Timur. Kemudian pakcoy tersebar luas ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sayuran ini merupakan salah satu varietas tanaman yang satu keluarga dengan tanaman sawi putih dan sawi hijau. Berikut beberapa fakta pakcoy yang penting untuk diketahui :

Dapat ditanam secara Hidroponik

Tanaman pakcoy merupakan salah satu tanaman sayuran yang banyak digemari para pecinta hidroponik dan masih tergolong tanaman sawi-sawian. Perlakuan saat menanamnya juga hampir sama dengan tanaman sawi-sawian yang lain. Untuk PPM maksimal yang dikehendaki oleh tanaman pakcoy hidroponik tumbuh adalah sebesar 1.050 – 1.400 PPM dengan angka toleransi kadar PPM yaitu ±50. pH pada budidaya pakcoy hidroponik akan mempengaruhi hasil panen pakcoy hidroponik, maka degan demikian pH juga perlu diperhatikan. Usahakan ukuran pH pakcoy adalah 7. Berikut tips dan trik budidaya pakcoy dibaca disini. 

Tanaman paling cepat panen

Sayuran ini sangat cocok untuk dijadikan masakan tumisan maupun campuran bahan masakan. Selain karena banyak masakan yang bisa dibuat dari pakcoy, harganya juga murah dan mudah untuk ditanam sendiri bahkan tergolong sayuran yang memiliki waktu panen tercepat. Sekitar 20 hari setelah ditanam, sayuran yang satu ini sudah bisa dipanen. Keadaan ini sering disebut dengan Baby Pakcoy.  

Kandungan pakcoy

Kandungan vitamin C pada pakcoy hampir setara dengan jeruk. Sehingga mampu membantu pembentukan kolagen interseluler. Kolagen adalah senyawa protein yang banyak terdapat pada tulang rawan, kulit bagian dalam tulang, dan dentin gigi.

Kadar vitamin A pada sayur sawi sendok sangat tinggi. Konsumsi 1 cangkir sawi sendok cukup untuk memenuhi 84,9 persen kebutuhan tubuh akan vitamin A per hari.    Mengkonsumsi vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata khususnya kornea. Vitamin A berperan untuk menjaga kornea mata agar selalu sehat.

Selain mengandung kedua vitamin tersebut. Sayur sawi sendok ini juga memiliki kandungan vitamin K sangat berguna untuk membantu proses pembekuan darah dan membantu mencegah penyakit-penyakit serius seperti jantung dan stroke. Memiliki kemampuan pengaturan protein tulang dan kalsium di dalam tulang dan darah, sehingga dapat menjaga tulang dari proses osteoporosis. Kandungan vitamin K banyak terdapat pada brassica rapa l. ini.

Semakin lengkap kandungan pakcoy karena juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada sawi sendok berfungsi sebagai antioksidan serta mencegah penuaan.

Agar pakcoy tetap bergizi

Dikukus

Metode memasak dengan cara dikukus adalah metode memasak yang paling baik untuk sayur pakcoy. Karena dengan cara ini dapat mempertahankan kandungan menjaga vitamin dan mineral tetap baik, terutama kandungan vitamin yang larut air.

Namun sebelum mengukus pakcoy, pastikan sudah mencuci sawi sendok hingga benar-benar bersih menggunakan air mengalir. Hal ini bertujuan mencegah bakteri masuk dan mengontaminasi masakan.

Ditumis

Beberapa orang menghindari metode memasak dengan cara ditumis karena takut kehilangan kandungan gizi sayuran. Faktanya, menumis dapat mempertahankan kandungan vitamin dan mineral pakcoy, asalkan menggunakan sedikit minyak. Agar masakan menjadi lebih sehat, gunakan minyak zaitun atau minyak kanola untuk menumis.

Direbus

Metode yang paling mudah diterapkan untuk mengolah pakcoy. Tinggal menunggu air sampai mendidih kemudian masukkan sayuran ke dalamnya.

Beberapa mungkin takut kehilangan nutrisi pakcoy bersama uap mendidih atau larut bersama air. Ternyata, vitamin dan mineral yang larut dengan air masih bisa didapatkan dengan meminum air rebusan pakcoy dalam semangkuk sup. Dengan demikian, manfaat pakcoy tidak akan terbuang sia-sia.

Dipanggang

Tidak hanya jenis daging-dagingan saja yang bisa dipanggang. Sayuran hijau seperti pakcoy juga bisa dimasak dengan cara dipanggang. Panggang pakcoy dalam oven atau di atas kompor. Agar lebih sehat, tambahkan minyak zaitun atau minyak kanola terlebih dahulu, kemudian panggang sampai pakcoy berubah warna dan teksturnya menjadi renyah.

Jika anda membutuhkan instalasi,nutrisi, maupun peralatan hidroponik lainnya untuk brokoli anda, anda dapat menghubungi Farmee.id.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *