rob-pumphrey-_f26vO7Cg_g-unsplash

Cara Menanam Hingga Memanen Kemangi

Tanaman kemangi atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Ocimum basilicum merupakan jenis tumbuhan yang sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk masakan. Dengan berbagai macam jenis zat yang terkandung di dalam tanaman kemangi, tanaman kemangi memiliki manfaat seperti: menghilangkan bau badan dan bau mulut, digunakan sebagai anastesi, anti – kholinesterase merangsang aktivitas pada saraf pusat, melebarkan pembuluh darah, serta pencegah pengeroposan pada tulang. Ocimum basilicum ini dapat ditanam dengan media hidroponik, simak cara menanam kemangi hidroponik berikut ini.

Persiapan

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menanam kemangi hidroponik, terdiri dari : media tanam, nutrisi, dan instalasi hidroponik. Media tanam yang bisa digunakan adalah rockwool. Selain praktis, rockwool lebih muda didapatkan. Nutrisi AB Mix digunakan pada bak penampungan sebagai asupan nutrisi ocimum basilicum nantinya. Nutrisi ini dibutuhkan pada saat proses pembesaran sistem hidroponik. Sementara itu, instalasi hidroponik yang bisa diaplikasikan, seperti DFT, , dutch . bucket dan drip system. Produk- perlengkapan hidroponik tersebut dapat anda temukan di Farmee.id .

Penyemaian

Sebelum melakukan penyemaian hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit. Pemilihan bibit yang unggul dapat dilakukan dengan merendam benih/bibit ocimum basilicum yang telah kering tersebut selama 15-20 menit, bibit yang terendam adalah bibit yang baik. Langkah berikutnya adalah pra-semai kemudian penyemaian yang dapat dilihat pada artikel berikut .

Penanaman

Setelah 1-2 minggu, benih akan tumbuh. Tunggu sampai tingginya kira-kira 5-10 cm, kemudian pindahkan ke instalasi hidroponik.  Jangan lupa tambahkan nutrisi pada instalasi hidroponik anda, tambahkan nutrisi secara bertahap. Ketika sudah cukup usia, baru tambahkan nutrisi sesuai ukuran optimal. Pastikan instalasi hidroponik terpapar cahaya matahari.

Perawatan

Dalam kurun 2 hari sekali sebaiknya air nutrisi yang ada di ember diganti. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi dari ocimum basilicum ini selalu tercukupi. Saat akar kemangi telah keluar dari lubang pot plastik dan tumbuh semakin besar, tambahkan beberapa batu yang digunakan sebagai penyangga tanaman, agar pertumbuhan tanaman kemangi tegak lurus.

Pemanenan

Ketika berusia 2 bulan, pucuk daun kemangi sudah dapat dikonsumsi. Dengan pemetikan secara teratur, daun kemangi akan lebih cepat tumbuh dan lebih rimbun. Selain itu, bunga kemangi juga tidak akan tumbuh dengan cepat.

Tanaman kemangi sendiri dapat tumbuh dalam keadaan cuaca panas maupun di dalam keadaan atu kondisi cuaca dingin. Ocimum basilicum yang tumbuh pada kondisi cuaca yang dingin memilik ukuran daun yang lebih lebar dan memiliki warna yang lebih hijau di bandingkan yang tumbuh di daerah dengan kondisi cuaca yang panas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *