kim-daniels-RYhNPglUSFw-unsplash

Dari Kandungan Hingga Olahan – Seri Kemangi

Daun kemangi (ocimum basilicum) merupakan jenis tanaman yang masih dalam rumpun daun mint. Banyak digunakan untuk menambah rasa pada makanan, dan nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Jika menyebut daun kemangi, mungkin yang langsung terbayang adalah lalapan. Ternyata daun hijau ini salah satu tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode hidroponik, simak cara menanam kemangi pada artikel berikut. Selain bisa dijadikan lalapan, ternyata daun ocimum basilicum memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa, selain  itu terdapat berbagai kreasi olahan lainnya selain dijadikan lalapan.  

Kandungan

Kandungan daun kemangi yang kaya nutrisi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dalam dua sendok makan kemangi segar yang sudah dipotong-potong, terkandung sekitar 27% vitamin K dari total rekomendasi konsumsi harian. Tanaman ini juga mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki ocimum basilicum.

Membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan

Ekstrak ocimum basilicum dinilai efektif untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh. Manfaat daun ocimum basilicum ini diketahui dari sebuah penelitian, yang menyebutkan bahwa mengoleskan ekstrak daun kemangi, bisa membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam setelah penggunaan. Hal ini dikarenakan kandungan beta-caryophyllene dalam daun kemangi sebagai agen antiinflamasi.

Meringankan stres

Dilansir dari Medical News Today, ocimum basilicum mengandung zat anthocyanin dan beta karoten. yang berguna sebagai kandungan pereda stres. Dikutip dari Healthline, menyebutkan beberapa bagian daun kemangi berfungsi sebagai adaptogen. Zat alami ini terdapat dalam daun kemangi yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental. Selain itu, sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang dimiliki sebanding dengan diazepam dan obat antidepresan. Dengan mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak daun ocimum basilicum setiap hari dapat membantu untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan perasaan tertekan.

Memelihara Kesehatan Jagung

Mengandung beta-karoten, magnesium, serta mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi ocimum basilicum secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung.

Mengatasi Arthritis      

Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Daun kemangi ditemukan mengandung beta-caryophyllene, yang dapat mengatasi nyeri yang efektif. Bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar di persendian yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mereka bebas artritis karena penggunaan daun ocimum basilicum  dalam makanan mereka.

Mengatasi Diabetes

Manfaat daun ocimum basilicum baik untuk diabetes. Mengkonsumsi ocimum basilicum dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang mana penting bagi penderita diabetes. Ramuan ocimum basilicum memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

Olahan

Selain sebagai lalapan, ada berbagai jenis olahan kemangi seperti sambal, trancam, tongkol suwir, pepes ayam, dan lainnya. Namun, pada artikel berikut akan dibahas mengolah ocimum basilicum untuk kesehatan serta kecantikan.

Cara Mengkonsumsi Daun Kemangi untuk Kesehatan

Siapkan satu ikat ocimum basilicum, cuci bersih, dan rebuslah bersama tiga gelas air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai airnya tersisa kira-kira satu gelas. Matikan api dan tunggu sampai menjadi hangat. Kemudian saring airnya dan rebusan ocimum basilicum ini dapat langsung diminum selagi hangat. Minumlah satu kali sehari untuk mendapatkan manfaat rebusan daun kemangi bagi kesehatan. Jika kurang suka rasanya, bisa tambahkan madu secukupnya.

Cara Menggunakan Daun Kemangi untuk Kecantikan

Olahan produk kecantikan dari ocimum basilicum adalah masker daun kemangi. Pertama-tama siapkan ocimum basilicum secukupnya, lumatkan dalam mangkok sampai halus, dan tambahkan 2 sdt santan, aduk sampai merata. Kurangi santan, jika meninginkan masker yang lebih tebal. Oleskan masker kemangi ke seluruh wajah, kemudian biarkan sampai 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker ini juga dapat diaplikasikan ke rambut. Setelah mengoleskan masker ke seluruh rambut, pijatkan masker agar meresap ke kulit kepala. Tutupi rambut dengan handuk besar dan biarkan selama 1 jam. Setelahnya bilas dengan air, keramas seperti biasa, dan jangan lupa gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Farmee.id   menyediakan paket instalasi hidroponik dan peralatan pendukung hidroponik lainnya. Ditambah lagi terdapat sesi pendampingan sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun ? Hubungi kami disini.  

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *