tanam dan panen paprika hidroponik

TANAM DAN PANEN PAPRIKA HIDROPONIK

Sumber : pertanianku.com

Paprika merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman cabe dan menghasilkan buah manis dengan sedikit pedas dari suku terong-terongan (Solanaceae). Buahnya yang berwarna warni seperti hijau, merah, dan kuning biasa digunakan sebagai campuran bahan masakan dan pelezat makanan. Nah kali ini, parmin akan membahas bagaimana cara tanam dan panen paprika hidroponik secara lengkap. Yuk simak artikel berikut ini

Proses Semai Paprika Hidroponik

  1. Persiapan alat dan bahan seperti Tray semai, Benih paprika, Media semai (disini parmin menggunakan sekam bakar dicampur dengan kompos), Pinset, Ruang semai/lemari semai, alat semprot (hand sprayer) dan lainnya.
  2. Rendam bibit paprika ke dalam air selama ± 2 jam
  3. Siapkan media penyemaian seperti campuran sekam atau pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 3
  4. Tanam bibit yang sudah di rendam tadi ke dalam media semai sedalam 1 cm
  5. Tempatkan benih ke tempat yang kurang terkena sinar matahari
  6. Siram bibit secara rutin setiap pagi dan sore hari agar bibit lekas bertunas, namun perlu di perhatikan cara penyiramannya jangan sampai membuat benih tenggelam. Cukup hanya membasahi media saja
  7. Setelah bibit menginjak umur 24 – 30 hari, bibit paprika sudah siap untuk di pindahkan ke media tanam.

Persiapan Media Tanam

Setelah proses penyemaian, langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke media tanam. Disini parmin menggunkan media tanam tanah yang di campur dengan kompos atau pupuk kandang dan ditambahkan juga dengan sekam bakar agar media tanam tidak mudah padat guna tidak terlalu banyak menyerap air dan mengandung unsur hara. Kemudia masukkan media tanam yang telah dicampur tadi kedalam polybag atau pot. Ukuran media tanam minimal berdiameter 25 cm.

Pindah Tanam Paprika Hidroponik

Setelah bibit melalui proses penyemaian dan sudah muncul 5 sampai 7 helai daun, maka benih sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam yang sebenarnya untuk masa pertumbuhan. Waktu pemindahan bibit paprika ke dalam media tanah juga perlu diperhatikan dan waktu yang baik untuk memindahakan bibit adalah sore atau pagi hari agar tanaman paprika tidak stress (kontas suhu luar) ketika terkena terik sinar matahari.

Tanaman paprika adalah tanaman yang kurang senang terkena sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu kita juga harus memperhatikan hal tersebut dengan memberikan naungan di atas tanaman paprika agar penanaman lebih optimal. Setelah itu lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, setelah paprika berumur 3 hingga 4 minggu sejak masa tanam, maka tanaman paprika akan tumbuh bunga.

Pemangkasan Paprika Hidroponik

Menanam parika hidroponik ada masa yang disebut masa pemangkasan yakni perlu dilkukan ke tunas vegetatif yang kerap muncul di batang utama. Tujuannya agar pertumbuhan tanaman paprika ramping ke arah atas tanpa percabangan di kanan atau kiri tanaman. Pemangkasan bunga paprika juga perlu pangkas bunga paprika yang menggerombol terlalu banyak dan hanya sisakan satu atau dua bunga. Tujuannya agar buah paprika yang dihasilkan bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Perawatan Paprika Hidroponik

Pada masa pertumbuhan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada perawatan tanaman paprika hidroponik. Diantaranya :

  1. Penyiraman rutin setiap hari pagi dan sore hari (tergantung dengan cuaca)
  2. Penyiangan rumput liar yang dapat menganggu tanaman
  3. Pemberian pupuk untuk menjaga pertumbuhan tanaman seperti nutrisi. Baca https://farmee.id/tabel-ph-dan-ppm-tanaman-hidroponik/
  4. Usahakan penempatan tanaman jangan terlalu dekat  ± 5 cm jarak antar tanaman

Setelah merawatnya dengan rutin kita bisa memanen paprika setelah 3 bulan sejak masa tanam. Setelah masa panen pertama, umumnya buah paprika akan bisa terus di penen selama masa produktif yaitu 7 – 9 bulan.

Tertarik untuk memulai berkebun secara hidroponik ? Farmee hadir untuk membantu teman berkebun dalam proses berkebun hidroponik karena Farmee menyediakan paket instalasi hidroponik yang bisa langsung dipakai untuk menanam! Tentunya kami akan dampingi sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun? Kontak kami sekarang melalui nomor di website atau DM di Instagram

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *