04af2f9645d8737b8e7d49e995e7d736

Dari Kandungan Hingga Olahan – Seri Seledri

Seledri atau yang memiliki nama ilmiah apium graveolens l. sering digunakan sebagai tambahan makanan sup atau gorengan, pemanis tampilan makanan, dan terkadang lalapan. Ternyata sayuran hijau ini salah satu sayuran yang memiliki siklus panen yang cepat diantara tanaman hidroponik lainnya . Selain itu jus seledri yang mana beberapa masih asing dengan olahan ini memiliki kandungan yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan

Sayuran ini sangat rendah kandungan kalori dan karbohidrat. Satu seledri berukuran sedang bahkan hanya mengandung 6 kalori dan 1,2 gram karbohidrat. Apium graveolens L. ini bahkan memiliki sumber serat makanan yang baik dan bebas lemak. Satu cangkir atau sekitar 100 gram  cincang apium graveolens l. mengandung 1,6 gram serat. Selain itu, sayuran hijau ini memiliki beberapa kandungan sebagai berikut:

Antioksida

Menurut penelitian, daun  apium graveolens l. memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi mengurangi kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dan radikal bebas. Tidak jarang, sayuran ini digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan obat-obatan.

Polisakarida

Kandungan polisakarida berbasis pektin di dalam daun apium graveolens l. dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

95% Air

Seledri mengandung sekitar 95% air, dan juga mengandung serat larut dan serat tidak larut. Ketiga kandungan ini jika dikombinasikan dapat mendukung kelancaran saluran pencernaan pada tubuh kita. 

Vitamin A,B,C dan zat besi

Kandungan Vitamin A, B dan C dan Zat Besi ini merupakan makanan pembersih Liver/hati yang ideal. Konsumsi apium graveolens l. yang teratur dapat membantu melindungi Ginjal dan Liver/hati serta mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan Liver/hati. Kandungan sifat Diuretik dalam sayuran hijau ini dapat menghilangkan racun, limbah dan kontamin dari tubuh manusia.

Senyawa anti radang

Sekitar dua puluh lima senyawa antiradang terkandung dalam seledri dapat melindungi tubuh dari peradangan.Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis.

Olahan

Jus

Membuat jus seledri sangat mudah, cuci bersih sayuran ini kemudian potong kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air perasan lemon dan es batu dapat menambah kesegaran jus. Kemudian saring jus yang sudah diblender, sebelum diminum.

Selain diolah sebagai jus, juga bisa disajikan minuman segar. Masukkan daun seledri dan daun ketumbar serta gula cair ke dalam gelas. Kemudian tambahkan air perasan lemon dan es batu. Minuman segar siap disajikan.

Camilan

Siapkan batang seledri segar. Potong dengan ukuran sedang, lalu belah menjadi dua. Tambahkan dua sendok selai kacang atau selai lain sesuai selera anda pada batang seledri dan camilan seledri pun siap untuk dinikmati.

Smoothies

Untuk menjaga kandungan gizi pada seledri, rasa manis pada smoothies berasal dari campuran berbagai buah-buahan seperti kiwi, nanas, dan timus. Blender semua bahan menjadi satu dan smoothies seledri yang lezat nan bergizi siap untuk dikonsumsi. Hindari penggunaan gula pada olahan seledri karena dapat mengurangi manfaat apium graveolens l. ini.

Farmee.id menyediakan paket instalasi hidroponik dan peralatan pendukung hidroponik lainnya. Ditambah lagi terdapat sesi pendampingan sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun ? Hubungi kami disini. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *