ph hidroponik

Cara Manajemen pH Larutan Nutrisi Hidroponik

pH larutan nutrisi adalah salah satu persoalan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik. Larutan nutrisi hidroponik dapat dikatakan sebagai salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam bertanam hidroponik. Apalagi jika bertanam hidroponik di rumah, penting untuk mendapatkan air yang berkualitas sehingga larutan nutrisi yang digunakan bisa mendapatkan pH yang sesuai. Namun, banyak yang terkendala mendapatkan air yang sesuai dengan pH yang dibutuhkan tanaman. Maka dari itu, parmin akan menjelaskan bagaimana cara manajemen pH larutan nutrisi hidroponik agar sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Air Hidroponik

Dalam melarutkan nutrisi hidroponik, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah kulitas air yang digunakan. Di indonesia, ada banyak sumber air yang bisa digunakan untuk melarutkan nutrisi ini. Teman berkebun bisa menggunakan air pam maupun air sumur asalkan kualitas air tidak kotor. Untuk manajemen penggunaan air dalam hidroponik, baca https://farmee.id/air-untuk-kehidupan-hidroponik/

pH Nutrisi Hidroponik

Pengertian pH secara singkat merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Jika pH air terlalu tinggi atau terlalu rendah maka akan terjadi endapan pada larutan nutrisi. Standar kadar ph air yang ditentukan adalah kisaran 5,5 – 6,5. Sehingga untuk pengukuran yang lebih aman, Parmin menyarankan agar teman bekebun menggunakan larutan nutrisi dengan kadar 5,8 saja, yaitu tengah-tengah di antara 5,5 dan 6,5. Namun, pengaturan pH larutan nutrisi ini tetap harus disesuaikan dengan jenis tanaman. Baca https://farmee.id/tabel-ph-dan-ppm-tanaman-hidroponik/

Menaikkan dan Menurunkan pH Larutan

Setelah melakukan pengukuran pH larutan nutrisi maka akan terlihat berapa ukuran pH larutan nutrisi yang selanjutnya dapat disesuaikan dengan kadar pH tanaman tersebut. PH larutan nutrisi diluar range pH yang diijinkan maka harus dikondisikan (dinaikkan atau diturunkan) agar sesuai dengan pH yang dianjurkan dalam menanam secara hidroponik.

Pertama, Parmin akan bahas mengenai cara menaikkan ph larutan nutrisi hidroponik. Teman berkebun perlu menaikkan pH larutan nutrisi yang digunakan apabila hasil yang ditunjukan pada pH meter menunjukan kurang dari 5,5. Itu berarti teman berkebun harus menaikkan pH nutrisi agar bisa bekerja optimal pada tanaman. Untuk menaikan kadar ph tersebut, dapat dilakukan dengan menambah sedikit demi sedikit larutan kimia KOH 10%. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pada saat proses penambahan larutan KOH 10% ini harus hati-hati sedikit demi sedikit agar tidak berlebihan dan cepat sesuai dengan kadar ph yang diinginkan.

Kedua, Parmin akan jelaskan cara untuk menurunkan pH larutan nutrisi hidroponik. Menurunkan pH dibutuhkan apabila hasil pengukuran pH meter menunjukan angka diatas 6,5. Cara yang digunakan kurang lebih sama dengan cara menaikkan pH, namun larutan yang digunakan yang berbeda. Untuk menurunkan pH pada larutan nutrisi hidroponik ini, ada beberapa larutan kimia yang bisa teman berkebun gunakan seperti H2SO4, HNO3, dan H3PO4 10%. Setelah mendapatkan salah satu larutan tersebut, maka cara yang dilakukan adalah kurang lebih sama yaitu dengan menambahkan ke larutan nutrisi sedikit demi sedikit sampai didapatkan kadar pH yang diinginkan.

pH Up dan pH Down

Untuk memudahkan dalam menurunkan atau menaikkan kadar pH larutan nutrisi hidroponik, teman berkebun dapat membeli larutan pH Up dan pH Down. Pemakaiannya pun tidak jauh berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Apabila kadar larutan rendah maka teman berkebun tinggal menambahkan pH Up untuk menaikkan kadar larutan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman. Begitu juga apabila kadar larutan tinggi, teman berkebun dapat, menambahkan larutan pH Down untuk menurunkan kadar larutan nutrisi tersebut.

Tertarik untuk memulai berkebun secara hidroponik ? Farmee hadir untuk membantu teman berkebun dalam proses berkebun hidroponik karena Farmee menyediakan paket instalasi hidroponik yang bisa langsung dipakai untuk menanam! Tentunya kami akan dampingi sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun? Kontak kami sekarang melalui nomor di website atau DM di Instagram

Comments are closed.