toa-heftiba-m7XaGsHRBYw-unsplash

Terong Atau Terung ?

Terung merupakan bentuk baku dari Terong. Namun, selama ini masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan kata Terong dibandingkan dengan terung. Solanum melongena merupakan nama ilmiah dari terung. Tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran ini ternyata berasal dari India. Simak artikel berikut untuk mengetahui fakta menarik lainnya berkaitan dengan terung.

Dapat Ditanam Secara Hidroponik

Tanaman terung merupakan jenis sayuran tahunan semusim yang dapat tumbuh dengan sistem hidroponik. Buah terong dapat mulai dipanen sekitar tiga bulan setelah masa tanam, setiap tiga hari sekali. Waktu yang tepat untuk panen adalah pagi dan sore hari. Buah dipetik dengan tangkainya. Buah terung tidak tahan lama, oleh karena itu harus segera dipasarkan begitu selesai panen. Sortasi untuk budidaya terung dilakukan berdasarkan ukuran dan warna buah. Jika anda tertarik menanam terong dirumah anda, tips dan trik menanam terong secara hidroponik dapat dibaca pada artikel berikut. 

Segar dan sedang

Terong yang segar memiliki ciri-ciri permukaan kulit mengkilat, tidak layu, dan keras. Pastikan biji terong tidak kering dengan cara mengetuk kulit terong menggunakan kuku jari. Terong yang segar tidak berbunyi kosong saat diketuk.

Pilihlah terong dengan ukuran sedang. Meski terong besar terlihat memiliki lebih banyak daging, namun terong yang terlalu besar ternyata mengandung lebih banyak biji dan daging yang bertekstur lebih keras. Selain itu, terong berukuran besar cenderung memiliki rasa pahit yang lebih kuat.

Cocok untuk menu diet

Hal ini karena terong memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk menjadi menu diet. Selain itu, terong mampu menekan rasa kenyang cukup lama sehingga asupan kalori dalam tubuh pun dikontrol dengan baik.

Lumuri dengan Garam

Sebelum mengolahnya, lumuri terong dengan garam untuk menghilangkan rasa pahit. Biarkan beberapa saat hingga air dari terong keluar, kemudian tiriskan dan bilas hingga bersih untuk menghilangkan garam yang masih menempel.

Membuat kulit lebih lembut dan bercahaya

Terong kaya akan antioksidan dan mengandung sekitar 92 persen air. Sehingga dengan mengonsumsi terong dapat membantu melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam. Antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas yang bisa membunuh sel-sel kulit dan menyebabkan kulit tidak kenyal dan tampak lebih gelap.

Farmee.id menyediakan paket instalasi hidroponik dan peralatan pendukung hidroponik lainnya. Ditambah lagi terdapat sesi pendampingan sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun ? Hubungi kami disini. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *