jaida-stewart-Bmek6EYG9Uk-unsplash

Dari Kandungan Hingga Olahan – Seri Mint

Tanaman mint berasal dari keluarga Lamiaceae yang biasa dikenal dengan keluarga mint. Mint merupakan nama populer dibanding nama ilmiahnya Mentha. Daun mint sering dimanfaatkan sebagai campuran aneka makanan dan minuman. Kudapan seperti cake, es krim, dan minuman segar sering ditambahkan daun mint agar citarasanya semakin menyegarkan. Selain itu, aroma yang dihasilkan dari tanaman ini dapat menyegarkan dan membangkitkan energi dan memperbaiki mood. Fakta menarik lainnya daun mint merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dibudidayakan secara hidroponik. Simak artikel berikut untuk mengetahui kandungan dan manfaat daun mint lainnya.

Manfaat dan kandungan daun mint

Meredakan gatal dan alergi pada kulit

Beberapa kandungan daun mentha diantaranya adalah antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut terbukti bermanfaat untuk meredakan gatal yang disebabkan karena alergi pada kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Untuk mengunakan daun mentha sebagai pereda rasa gatal, caranya rremas daun mint dan oleskan pada bagian kulit yang gatal. Lakukan dengan perlahan agar kulit tidak iritasi.

Membantu meringankan gejala Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan masalah saluran pencernaan yang sering terjadi. Penyakit ini ditandai oleh gejala saluran cerna seperti nyeri perut, kembung, dan perubahan pola BAB seperti diare. Penanganan IBS biasanya meliputi perubahan pola diet dan minum obat-obatan.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint  dapat memberikan manfaat dalam mengurangi gejala IBS. Minyak peppermint mengandung komponen mentol yang dapat meredakan gejala IBS melalui efek relaksasi pada otot-otot saluran cerna.

Dalam sebuah menunjukkan hasil bahwa 75 persen orang dengan IBS yang minum kapsul minyak peppermint mengalami perbaikan gejala IBS. Namun, masih dibutuhkan penelitian lain untuk membutiktikan hal ini.

Menyegarkan bau mulut

Permen kunyah, permen karet, pasta gigi, atau obat kumur, rata-rata menawarkan rasa mint sebagai variannya. Hal ini disebabkan karena manfaat daun mentha yang punya rasa segar apabila dikunyah. Para ahli sepakat bahwa sebagian besar produk yang berbahan dasar daun mentha dapat mengatasi bau napas selama beberapa jam.

Akan tetapi, wangi mentha hanya bisa menutupi aroma bau pada napas, bukan mengurangi bakteri atau senyawa lain yang menyebabkan bau mulut.
Di sisi lain penelitian lain mengatakan bahwa minum teh campur daun mentha atau mengunyah daun mentha mentah-mentah dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Ini disebabkan karena ada efek antibakteri di dalam kandungan daun mentha.

Olahan daun mint

Real Mint Sauce

Jika ingin menikmati olahan mentha dengan cita rasa yang asli, maka saus mentha ini salah satunya. Olahan saus ini tak hanya memadukan daun mentha yang segar, namun juga diberi tambahan bahan-bahan seperti air, gula bubuk, garam, dan cuka. Kamu dapat menggunakan saus mentha  ini sebagai pelengkap dari menu-menu tertentu. 

Citrus Mint Tea

Teh yang satu ini memiliki cita rasa yang menyegarkan dengan aroma yang segar. Caranya rebus daun mentha hingga mendidih, sajikan dalam sebuah gelas dan tambahkan potongan lemon, serta air perasan lemon. Jika anda tingga di daerah dingin, anda bisa menggunakan air rebusan jahe. Campuran air rebusan jahe dan mentha bisa menjadi obat flu dan batuk. Jahe yang menghangatkan tubuh dan mentha yang menyegarkan hidung dan tenggorokan akan membuat tubuh lebih nyaman. Untuk aroma citrus yang lebih kuat, rebuslah daun mentha dengan jahe dan parutan kulit lemon atau potongan buah jeruk. Tambahkan madu untuk memberi rasa manis.

Simmer Potpourri

Sajian ini tidak untuk dikonsumsi. Aroma rebusan daun mentha yang sudah dikeringkan dengan potongan kulit jeruk dan parutan kulit lemon dapat menyegarkan ruangan. Untuk anda yang tidak memiliki alat masak, dapat menggunakan rice cooker atau slow cooker untuk merebus. Untuk aroma yang lebih kuat, dapat ditambahkan daun rosemary, atau aroma citrus mint.

Farmee.id menyediakan paket instalasi hidroponik dan peralatan pendukung hidroponik lainnya. Ditambah lagi terdapat sesi pendampingan sampai berhasil panen. Ingin mulai berkebun ? Hubungi kami disini. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *